Semnas PB Inggris: “Language teaching and studies for global challenge”

Rabu, 10 Mei 2017

Pada hari Rabu ini tanggal 10 Mei 2017, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Siliwangi kembali menyelenggarakan acara seminar tahunannya. Tahun ini tema seminar nasionalnya adalah “Language teaching and studies for global challenge“. Dengan peserta yang mencapai hampir 1000 peserta dan presenter sejumlah 20 presenter, seminar ini juga mendatangkan Prof.Dr.Baso Jabo,M.Hum sebagai keynote speaker dan Sarah Paterson sebagai guest speaker.

Dalam pembukaannya, Ketua Panitia Trisnendri Syahrizal,M.Hum menyatakan bahwa pelaksanaan seminar ini selain sebagai pelaksanaan seminar tahunan, sekaligus sebagai acara merayakan indahnya keilmuan. Trisnendri juga menekankan pentingnya untuk enjoy dalam hal belajar dan untuk terus meningkatkan kualitas diri.

Menambahkan, Ketua Program Studi PB Inggris Dasep Suprijadi,M.Pd mengatakan seminar ini baik dilaksanakan setiap tahunnya. “Karena untuk menjadi seorang guru sebaiknya tidak hanya sibuk mengajar, namun juga peduli pada siswa dan peduli pada masalah pendidikan”, demikian penuturannya.

Wakil ketua Dr.H.T.Effendy Suryana,M.Pd mengatakan dalam sambutannya,”Agar terus belajar dan tidak hanya menguasai satu ilmu saja. Karena manusia memang sudah sewajarnya terus menerus belajar”.

 

 

Keynote speaker adalah Prof.Dr.Baso Jabo,M.Hum, seorang Guru Besar di UNM Makasar di Fakultas Bahasa Inggris. Tema makalahnya adalah “Students’ perception on effective ELT teacher“.  Dalam paparannya beliau menjelaskan, bahwa seorang guru di masa kini harus terus mengikuti trend dan pembaruan yang ada. Guru tidak hanya mengajarkan bahasa, namun juga mengajarkan cara mengajar, cara bertutur, cara berpikir kritis hingga budayanya. Terus mengembangkan diri dan pengajaran melalui pemanfaatan media internet.

Sarah Paterson dari British Council dengan tema makalahnya adalah “Teaching for success” . Dalam pemaparannya, Sarah mengatakan bahwa seorang guru yang baik adalah guru yang mencintai pekerjaannya dan terutama mencintai mengajar. Dengan ia mencintai mengajar maka ia akan mencintai bekerja dan akan terus belajar untuk mengembangkan diri. Dengan terus berlatih, maka tidak hanya meningkatkan kualitas personal dan profesionalnya namun juga meningkatkan pengetahuan, keilmuan dan ketrampilan yang dimilikinya.

Acara seminar ini berlangsung dengan aman, tertib dan meriah dari pukul 08.00 hingga 11.30 dan dilanjutkan dengan sesi seminar paralel dari pukul 13.00 hingga 15.00. Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh para panitia tim dosen dan tim mahasiswa yang bekerja keras agar kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Semoga di tahun mendatang, acara ini akan kembali terlaksana. Sehingga PB Inggris STKIP Siliwangi bisa terus mengembangkan keilmuannya dan mewujudkan slogan “smart and innovative campus” dengan semakin baik.