[Kegiatan] Seminar Nasional Prodi Bahasa Inggris

Rabu, 20 Mei 2015

cover

 

Pada tanggal 8 dan 9 Mei 2015, Program Studi Bahasa Inggris STKIP Siliwangi telah menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Innovative VS Traditional Teaching Method”.

“Acara ini bisa dibilang sukses”, demikian penuturan Sri Supiah Cahyati,M.Pd. Beliau sebagai salah satu anggota Panitia Penyelenggara dan juga Sekretaris Program Studi menyatakan bahwa seminar ini diikuti oleh 1290 peserta dan 64 pemakalah.

Peserta seminar sejumlah 1290 orang berasal dari mahasiswa STKIP sejumlah 1284 mahasiswa dan umum sejumlah 6 orang.

Tema seminar yaitu “Innovative vs Traditional Teaching method” dengan cakupan bahasan yang cukup luas cukup menarik minat peserta sebagai pemakalah hingga berjumlah 64 pemakalah. Pemakalah tersebut antara lain datang dari Universitas Advent Indonesia sejumlah 14 orang, perguruan tinggi lain 12 orang, dari STKIP Siliwangi sejumlah 11 orang.

seminar paralel 1

Dan pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan seminar nasional Program Studi Bahasa Inggris yaitu mahasiswa yang juga sebagai pemakalah menyampaikan hasil penelitian skripsi mereka sejumlah 27 orang.

Keynote speakernya adalah Prof.Dr.I.Gusti Gede yang menyampaikan “Extensive listening : From principles to classroom practice” yang menjelaskan betapa pentingnya meningkatkan kemampuan listening. Keynote speaker lain adalah Joleen.M yang menyampaikan “Characteristic of teaching language, traditional and innovative method” yang dengan gayanya yang atraktif menyampaikan betapa pentingnya para guru untuk selalu meningkatkan keahlian mereka dalam belajar dan mengajar.

gambar 1

Mundriyah,M.Ed yang juga sebagai salah satu anggota Panitia menambahkan,”Acara ini tidak akan bisa terselenggara dengan sukses tanpa seluruh bantuan dari berbagai pihak yang sudah menyumbangkan tenaga, pikiran bahkan biaya”. Acara seminar ini berlangsung dan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk para dosen, himpunan mahasiswa hingga sponsorship antara lain TBI Bandung, RRI Bandung, BTN Cimahi, Kafe Kampung Daun CImahi, Penerbit Erlangga hingga Wardah Kosmetik yang menyediakan goodie bag bagi para peserta.

seminar paralel 2

Dimasa depan diharapkan Program Studi Bahasa Inggris STKIP Siliwangi berharap bisa menyelenggarakan kegiatan seminar yang jauh lebih baik dari sebelumnya. “Semoga bisa terselenggara seminar internasional”,demikian harapan Sri Supiah Cahyati,M.Pd  sambil mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kegiatan ini hingga terlaksana dengan baik, sukses dan lancar.