ACDC Debate – UGM Yogya [Nov 2014]

Senin, 15 Desember 2014

main cover ugm yogya

 

cover-ugm

 

Tim debat STKIP SILIWANGI kembali mengukir prestasi di ajang debat ‘ALSA’ yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada akhir November kemarin.

Acara Asian Law Student Assosiation atau dikenal ‘ALSA’ mengadakan acara ‘Alsa Crushbone Debating Competition’ (ACDC) pada tanggal 27,28 dan 29 November 2014 dan bertempat di Fakultas Hukum UGM.

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari dan diikuti oleh sekitar 40 peserta tim debat dari tingkat SMA hingga Perguruan Tinggi seluruh Indonesia.

Seperti dikutip dari www.krjogja.com, koordinator acara ACDC yaitu Ratih Nawangwulan mengungkapkan bahwa tema utama debat dalam acara ini adalah mengenai kemanusiaan. Ia menjelaskan,”Selain debat, ACDC  juga berupaya memberikan edukasi bagaimana memahami dan menyelesaikan isu-isu hukum yang ada dalam masyarakat”.

Tim debat STKIP SIliwangi yang terdiri dari Aditya Ramadhan, Salamah R.U dan Yeni Latifah berhasil memperoleh peringkat 11 dalam 16 besar dan merupakan satu-satunya Sekolah Tinggi yang berhasil melewati posisi tersebut. Mereka berhasil menangani dengan baik berbagai tema debat diantaranya adalah mengenai hak asasi manusia, kebebasan, martabat, kesejahteraan dan keadilan sosial.

debate in action

Dosen pembimbing mereka Trisnendri Syahrizal mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaanya mengenai keberhasilan tersebut dan bahwa mereka masih akan berjuang untuk lomba lainnya, diantaranya adalah NUDC. “Selain persiapan NUDC, kami juga memiliki rencana untuk mengadakan acara internal debat di kampus STKIP Siliwangi”, demikian penuturan dosen bahasa Inggris tersebut menambahkan.

Lain halnya dengan Aditya Ramadhan yang mengungkapkan kebahagiaannya sehingga dapat terpilih mewakili STKIP Siliwangi sebagai salah satu wakil debater.  Mahasiswa yang juga gemar bersepeda ini menambahkan,”Pengalaman disana sangat luar biasa, saya dapat bertemu dan berkompetisi dengan perwakilan mahasiswa dari kampus kampus besar di Indonesia dan pengalaman tersebut yang memotivasi saya untuk terus belajar dan menjadi juara di kompetisi selanjutnya”, ujarnya menutup perbincangan.

Sukses terus untuk Tim Debat STKIP Siliwangi

acdc ugm yogya