English Expo 2014 [19 Mei-28 Mei 2014]

Rabu, 14 Mei 2014

cover english expo

English expo merupakan sebuah event besar tahunan yang diadakan oleh himpunan mahasiswa program jurusan bahasa Inggris (ESA) STKIP Siliwangi Bandung. Acara ini bertujuan sebagai wadah bagi para mahasiswa untuk bisa berekspresi dan berkarya menyalurkan bakat-bakatnya. Pada tahun ini English Expo mengusung tema “ 3C (Creative, critical,competitive) generation”,yang diadakan selama sepuluh hari, mulai tanggal 19 Mei sampai 28 Mei.

expo-2

 

expo-1

English Expo memang selalu menarik perhatian seluruh mahasiswa STKIP Siliwangi termasuk di tahun ini. Acara-acara di English Expo yang selalu menarik dan kreatif juga memang belum bisa ditandingi oleh himpunan Mahasiswa jurusan lain. English Expo kali ini untuk pertama kalinya bisa mangadakan beberapa perlombaan yang belum pernah diadakan sebelumnya di STKIP seperti English Debate Competition, story telling competition, lomba karikatur foto ponsel, Moka(model kampus), dan ada juga acara lain yang tak kalah meriahnya yaitu seminar motivasi dan bazaar. Lalu acara English Expo ini ditutup dengan Inaguration of English Expo yang berhasil menyuguhkan penampilan-penampilan yang luar biasa karya anak-anak berbakat STKIP.

Dihari pertama rangkaian acara English Expo yaitu taggal 19 Mei 2014, setelah dibuka oleh Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Bapak Dasep Suprijadi, acara English Expo ini dilanjutkan dengan lomba debat bahasa Inggris antar SMA sederajat se-bandung Raya. Lomba debat ini cukup mendapatkan apresiasi yang baik dari beberapa sekolah yang berada di Bandung dan sekitarnya. Dinilai oleh 3adjudicator yang professional yaitu bapak Trisnendi Syahrizal S.Pd, Ibu Mundriyah M.Pd (dosen STKIP) dan Aditya Ramadhan (mahasiswa tingkat 3 PB. Inggris), pada akhirnya, lomba debat yang berlangsung selama dua hari ini, memilih  tim debat dari SMKN 01 Cimahi sebagai juara pertama dan SMAN 04 Cimahi sebagai runner up, karena telah berhasil mengalahkan tim-tim lain yang juga sangat hebat.

Bersamaan dengan acara English debate, tepatnya dihari selasa 20 Mei 2014, panitia English Expo juga mengadakan story telling competition antar SMA sederajat se-Bandung Raya. Dewan juri pada lomba ini yaitu Ibu Sri Supiah Cahyati dan Bapak Hendra Husnussalam sebagai dosen STKIP Siliwangi. Pada lomba ini, terlihat betul keseriusan para peserta untuk bisa bercerita menggunakan bahasa Inggris. Properti yang ribet pun rela dibawa untuk menunjang penampilan mereka supaya lebih maksimal. Dan akhirnya, setelah melalui persaingan yang ketat, terpilihlah utusan dari  SMAN 04 Cimahi sebagai juara satu dari story telling competition ini.

Semaraknya English Expo tidak hanya sampai disitu saja, di hari Rabu dan kamis tanggal 21 dan 22 Mei 2014, English Expo mengadakan speech Contest yang pesertanya berasal dari  mahasiswa STKIP jurusan bahasa Inggris. Karena jumlah peserta yang begitu membludak yaitu sekitar 110 orang, lomba ini akhirnya diselenggarakan selama dua hari. Sangat salut kepada Bu Rissa San Rizkia M.Pd (dosen STKIP) dan Sinsin kurniawati (Mahasiswa tingkat 3 PB. Inggris) yang telah bertahan selama berjam-jam untuk memberikan penilaian terbaik kepada setiap peserta. Dan terpilihlah Anggi Kania dari kelas A1 2013 sebagai peserta yang berhak menjadi the first winner dari lomba ini.

expo-3

Masih dihari Rabu, panitia Eglish Expo juga mengadakan lomba karikatur dan foto ponsel yang sengaja diselenggarakan untuk umum. Lomba karikatur yang memberi tema “What is STKIP in your mind?” ini, benar-benar bisa menyalurkan bakat seni dan rasa kritis dari para mahasiswa, terbukti dengan kritik para peserta  yang unik dan nyentrik tapi menarik lewat gambar-gambar mereka. Juara dari lomba karikatur ini yaitu hafidz Siddiq, seorang mahasiswa desain Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dan Maura Bunga dari kelas A2 2012 juga terpilih sebagai juara dari lomba foto ponsel.

Acara yang tak kalah luar biasa dalam rangkaian acara English Expo ini yaitu acara seminar motivasi barsama Setia Furqan Khalid, seorang motivator termuda se-Asia Tenggara. Mengusung tema “Jangan Jatuh Cinta Tapi Bangun Cinta”, memang benar-benar tepat dengan kebutuhan para mahasiswa yang sering “galau” karena alasan seputar cinta. Terbukti dengan apresiasi yang luar biasa yang didapat acara ini , dengan dihadir oleh lebih dari 450 peserta dari banyak universitas baik mahasiswa STKIP ataupun dari universitas lain seperti UNPAD, UPI dan lainnya.

expo-4

Bazaar yang diadakan di hari sabtu dan minggu 24 dan 25 Mei, merupakan pelengkap kesemarakan dari acara Expo ini. Acara ini dimaksudkan untuk bisa menarik minat mahasiswa dalam dunia kewirausahaan dan juga memeriahkan kampus STKIP yang biasanya begitu sepi tanpa kegiatan.

Sebagai penutup dari program Expo yang luar biasa ini , Innaguration of English Expo menjadi closing ceremony yang bisa dibilang cukup meriah. Menghadirkan special performance dari Rumah Music Harry Rusli yang akhirnya berhasil menyihir para penonton dengan alunan biola dan alat musik mereka yang mengalun dengan sangat merdu. Tidak hanya itu penampilan lainnya seperti English Student Choir (ESC), band-band local dari kampus STKIP, drama BBF dan teater Siliwingi dan lainnya juga tak kalah luar biasa, membuat inagurasi Expo menjadi begitu meriah.

Dibalik semua kemeriahan itu, sebetulnya acara English Expo ini bisa terwujud atas perjuangan dan kerjasama luar biasa dan tak kenal lelah dari para fungsionaris HIMA ESA selama lebih dari dua bulan lamanya. Meskipun banyak tantangan selama proses terselenggaranya English Expo ini, seperti kurangnya dukungan dari masyarakat kampus sendiri (bahkan disaat beberapa hari seminar motivasi akan dilaksanakan, peserta masih berkisar 50 orang), tapi keyakinan membara dari para anggota hima dan perjuangan serta pengorbanan mereka yang luar biasa membuat expo ini tetap berjalan dengan lancar dan sukses.

Terakhir, Semoga English Expo ini bisa menjadi inspirasi bagi himpunan ataupun UKM mahasiswa lainnya untuk bisa mewujudkan suatu acara yang lebih besar dan bermanfaat untuk kampus STKIP tercinta terkhusus jurusan bahasa inggris, sebagai usaha kita untuk membuat kampus kita bisa menjadi lebih baik dan bisa mewujudkan visi misinya sebagai The Leader of Learning Innovation.

 

Yeni Latifah

Ketua Panitia English Expo 2014